Laman

Jumat, 09 Maret 2012

PREDIKSI SOAL-SOAL NILAI OPTIMUM ANTARA LAIN:



 
CONTOH SOAL-SOAL & PEMBAHASAN PREDIKSI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMK TEKNIKTAHUN 2007-2008


1.Nilai maksimum pada gambar di bawah dari fungsi tujuan z = 3x + y adalah ...A19B1C16D14E102.Daerah yang diarsir adalah daerah himpunanpenyelesaian permasalahan program linear.Nilai minimum dari fungsi tujuan z = 2x + 5yadalah ....A. 6B. 7C. 10D. 15E. 293.Daerah yang diarsir adalah daerah himpunanpenyelesai an suatu sistem pertidaksamanlinear. Nilai optimum dari 2
 x 
+3
pada daerahpenyelesaian tersebut adalah. .A. 18B. 28C. 29D. 31E. 36 4.Pada gambar di samping, daerahyang diarsir merupakan grafikhimpunan penyelesaian sistempertidaksamaan linier. Nilai maksimumdari bentuk obyektif 
 x 
+ 3
dengan
 x 
,
 
C,pada daerah himpunan penyelesaianitu adalah …A. 6B. 7C. 17D. 18E. 22KUNCI JAWABAN1. B. 172. A. 63. D. 314. D. 18
6
E(1,3)D(2,6)C(4,4)B(5,2)A(3,1)
 
8D57A(3, 1)B(6, 2)
 
C(7, 5)
(0, 1)(6, 4)5(2, 0)
 
CONTOH SOAL-SOAL & PEMBAHASAN PREDIKSI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMK TEKNIKTAHUN 2007-2008JOKO SOEBAGYO, S.PD FOR SMK CILINCING 1 DAN 3 JAKARTA UTARA
PREDIKSI SOAL-SOAL OPERASI MATRIKS ANTARA LAIN:
1. Diketahui matriks =
      
430251
dan Q =
       
012243
maka P.Q adalah ....A.
      
107017
C.
      
8707
E.
      
825017
B.
      
107217
D.
      
1025017
2.Diketahui matriks A =
      
2016
dan B =
      
0442
. Hasil dari A
2
+ B adalah ....A.
      
40136
C.
      
24534
E.
      
44436
B.
      
20334
D.
      
44434
3.Diketahui matriks A=
      
4321
, B=
      
1530
, dan C =
      
4213
Matriks 2A + B – C adalah ....A.
      
1165
C.
      
6159
E.
      
11961
B.
      
11591
D.
      
11961
4.Diketahui matriks A=
      +
0yx12yx
dan B=
      
0812
. Jika matriks A = B, maka nilai x = ....A4B6C10D14E185.Nilai x, y, dan z dari
      ++
2zxzy2x4x
=
      
12568
berturut-turut adalah ...A. 2, 2, dan C. -2, 2, dan -5 E. 2, 5, dan 2B. 2, -2, dan D. 5, 2, dan 26.Diketahui A=
      +
b-a102ba
dan B=
      
310-21-
. Nilai a dan b berturut-turut jika A = B adalah ....A. -1 dan C. -1 dan E. -2 dan 1B. dan D. dan -2KUNCI JAWABAN1. A.
      
107017
2. D.
      
44434
3. D.
      
11961
4. B. 65. A. 2, 2, dan 56. D. dan -2
7
 
CONTOH SOAL-SOAL & PEMBAHASAN PREDIKSI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMK TEKNIKTAHUN 2007-2008JOKO SOEBAGYO, S.PD FOR SMK CILINCING 1 DAN 3 JAKARTA UTARA
PREDIKSI SOAL-SOAL OPERASI VEKTOR ANTARA LAIN:
1.Diketahuvektor 
a
=
i
+ 2
 j
+ m
dan
b
= 2
i
- 10
 j
+ 2
. Jika nilai
a
.
b
= 0, maka nilai m = ....A18B9C6D3E-16
PembahasanKunci B
a
.
b
= a
1
. b
1
+ a
2
. b
2
+ a
3
. b
3
= 01. 2 + 2 . (-10) + m . 2 = 02 – 20 + 2m = 0- 18 + 2m = 02m = 18m = 92.Jika sudut antara vekto
       =
3-12a
dan vektor 
       =
2-3 1-b
adalah α, maka besarnya α = ...A. 180
o
B. 150
o
C. 120
o
D. 90
o
E. 60
o
PembahasanKunci E
)
232221232221332211
bbbaaabababaαcos
++×++++=
( )( ) ( )
222222
2-31-3-122.3-1.31-2.αcos
++×++++=
491914632-αcos
++×++++=
14147αcos
×=
147αcos
=
21αcos
=
, maka α = 60
o
karena cos α =
21
3.Diketahui vektor a = 2i – 4j – 2k dan b = - i – j – 2k, besar sudut yang dibentuk kedua vektor tersebut adalah ...A. 30
o
B. 45
o
C. 60
o
D. 90
o
E. 120
o
KUNCI JAWABAN1. B. 92. E. 60
o
3. C. 60
o
RUMUS:
a
.
b
= a
1
. b
1
+ a
2
. b
2
+ a
3
. b
3
Untuk menentukan sudut (α) :
)
232221232221332211
bbbaaabababaαcos
++×++++=
8
 
CONTOH SOAL-SOAL & PEMBAHASAN PREDIKSI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMK TEKNIKTAHUN 2007-2008JOKO SOEBAGYO, S.PD FOR SMK CILINCING 1 DAN 3 JAKARTA UTARA
PREDIKSI SOAL-SOAL KONVERS, INVERS, DAN KONTRAPOSISI ANTARA LAIN:
1.Konversi dari “ Jika sungai itu dalam maka di sungai itu banyak ikan” adalah …A. Jika di sungai itu banyak ikan maka sungai itu dalamB. Jika di sungai itu banyak ikan maka sungai itu tidak dalamC. Jika tidak benar sungai itu dalam maka tidak benar di sungai itu banyak ikanD. Jika tidak benar di sungai itu banyak ikan maka tidak benar sungai itu dalamE. Jika di sungai itu banyak tidak ikan maka sungai itu dalam2.Kontra posisdari pernyataan
′′
Jika semua siswmenyukai matematika maka guru senangmengajar 
′′
adalah …A. Jika guru senang mengajar maka ada siswa yang tidak suka matematikaB. Jika tidak semua siswa menyukai matematika maka guru tidak sengang mengajar C. Jika guru tidak senang mengajar maka ada siswa yang suka matematikaD. Jika semua siswa menyukai matematika maka guru tidak senang mengajar E. Jika guru tidak senang mengajar maka ada siswa yang tidak suka matematika3.Kontra posisi dari implikasi : ”Jika Ali lulus ujian maka Ali membeli motor” adalah A. Jika Ali membeli motor maka Ali lulus ujianB. Jika Ali lulus ujian, maka Ali tidak membeli motor C. Jika Ali tidak lulus ujian, maka Ali membeli motor D. Jika Ali tidak lulus ujian, maka Ali tidak membeli motor E. Jika Ali tidak membeli motor, maka Ali tidak lulus ujian4.Konvers dari implikasi, ”Jika ada semut di lantai maka ada gula di lantai itu”, adalah ...A. Ada semut di lantai dan ada gula di lantai ituB. Jika ada gula di lantai maka ada semut di lantai ituC. Jika semua gula di lantai maka semua semut tidak di lantai ituD. Jika semua semut tidak di lantai maka semua gula tidak di lantai ituE. Jika ada gula di lantai maka semua semut di lantai itu5.Invers dari pernyataan : “Jika ia tidak datang maka saya pergi” adalah ...A. Jika ia datang maka saya pergi.B. Jika ia datang maka saya tidak pergi.C. Jika ia tidak datang maka saya tidak pergi.D. Jika saya pergi maka ia tidak datang.E. Jika saya tidak pergi maka ia datang.KUNCI JAWABAN1. A. Jika di sungai itu banyak ikan maka sungai itu dalam2. E. Jika guru tidak senang mengajar maka ada siswa yang tidak suka matematika3. E. Jika Ali tidak membeli motor, maka Ali tidak lulus ujian4. B. Jika ada gula di lantai maka ada semut di lantai itu5. B. Jika ia datang maka saya tidak pergiRUMUS:KONVERS DARI P → Q adalah Q → PINVERS DARI P → Q adalah ~P → ~QKONTRAPOSISI DARI P → Q adalah ~Q → ~P
9

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar