Halaman

Senin, 16 September 2013

MTQ Internasional di Rusia



13792949071910716884
Hujan yang mengguyur Moskow sejak malam hari hingga penyelenggaraan MTQ Internasional ke XIV tidak menghalangi pengunjung untuk datang. 
Hujan rintik-rintik membasahi Bumi Moskow kemarin,  hari Minggu tanggal 15 September 2013, hujan musim gugur yang turun sejak pagi hingga malam hari, tak henti-hentinya, biasa, hujan jenis ini memang biasanya lama, dibandingkan dengan hujan yang tiba-tiba jatuh dengan derasnya yang biasanya sebentar. Hujan yang sejak pagi ternyata tidak menghalangi panitia, peserta, dewan juri dan para penonton untuk menghadiri Musabaqoh Tilawatil Qur’an Internasional yang ke XIV di Moskow, Rusia, selanjutnya disingkat MTQI XIV.
Ya diam-diam, Rusia sudah mengadakan MTQI yang sudah ke empat belas kali, luar biasa! Bisa anda bayangkan negara yang dulunya komunis dan selalu dianggap buruk, terutama oleh media Barat, khususnya film-film Barat produk Hollywood, Rusia selalu menjadi obyek yang terus menerus dikonotasikan keburukan, sampai saat ini! Lihat saja filmnya Tom Cruise, “The Ghost Protocol”, atau filmnya Bruce Willis, “  A Good Day to Die Hard” sebagai contoh saja, disamping film-film James Bond!
13792950411503313392
Panggung MTQ Internasional ke XIV di Moskow yang megah dengan layar lebar di latar belakang. Pembawa acara sedang menyebutkan nama peserta yang akan diberikan piagam oleh panitia. 
Ya maklum ” perang dingin” yang katanya selesai, ternyata masih berlanjut sampai sekarang! Lihat saja kasus Syria, dibelakang perang saudara antara pemerintah Syria dengan pihak oposisi ternyata di “belakang” perang tersebut ada Rusia  dipihak pemerintah Syria dan AS dipihak oposisi dan dunia pun gonjang ganjing dibuatnya, hingga harga minyak meroket dan dollar kuat dihadapan mata uang di berbagai belahan dunia!
Syria, ya Syria ternyata unik, di tengah-tengah perang yang berkecamuk di negara mereka, Syria tetap mengutus Qorinya untuk ikut lomba hafid Al Qur’an pada MTQI ke XIV di Moskow ini, Syria berada dibarisan diantara negara-negara lain,  berikut ini: Belgia, Inggris, Brunui Darussalam, Belanda, Mesir, Yaman, Indonesia, Indonesia, Kuwait, Kirgistan, Libanon, Libya, Mauritania, Malaysia, Mali, Maroko, Nigeria, Aman, Uzbekistan, Rusia,Syria, Sudan, Tajikistan, Tanzania, Tunia, Turky, Finlnadia, dan Chad .
1379295274748033317
Panitia, peserta, pemenang, dewan juri dan Mufti Rusia, Imam Ravil Gaitnuddin, foto bersama pada akhir penutupan MTQ Internasional ke XIV. 
Nama negara tersebut tidak disusun secara alpabet, peserta dari negara-negara disebut oleh pembawa acara dengan bahasa Arab dan bahasa Rusia, satu persatu ketika mendapat piagam penghargaan atas keikut sertaan mereka pada MTQI ke XIV di Moskow ini. Oya, beda dengan tahun yang lalu, baik tempat maupun pesertanya. Dua tahun lalu secara berturut-turut bertempat di Hotel Cosmos dekat metro WDNH, di utara Moskow. Sebelumnya lagi di Hall dekat menara Otankino yang terkenal itu. Sekarang tempat MTQI ke XIV pindah ke arena olah raga internasional Luzniky, bagi pecinta bola pasti ingat dengan Final Piala Champion di Moskow, nah tempatnya bersebelahan dengan gedung tempat MTQI ini.
Lagi lagi keunikan sendiri, di arena gedung olah raga di buat acara MTQI, ini hampir sama dengan cara yang dikemas Ustadz Yusuf Mansur yang menyelenggarakan acara penghapal Al Qur’an di Gelora Senayan belum lama ini, mungkin alasan sama, keterbatansan tempat! Mengapa?Ya karena pengunjung MTQI ke XIV ini ternyta membludak, ribuan orang, padahal kalau dilihat tempatnya lebih praktis di tempat MTQI sebelumnya, di Hotel Cosmos yang lebih dekat ke Metro, nah lokasi yang sekarang ada di tengah-tengan antara Metro Sportifnaya dengan Metro Varobevigory.
1379295655344594216
Penonton full, penuh. Suatu hal yang luar biasa, mereka begitu antusias menyaksikan para penghapal Al Quran
Sampai-sampai pihak panitia menyediakan Bus Gratis dari Metro Varobevigory, karena mungkin tiket yang sudah relatif mahal dari  mulai 400-1000 rubel atau kalau dirupiahkan sekitar Rp 150.000-Rp 375.000! Namun tiket yang relatif mahal itu tak mengurangi penonton untuk menyaksikan para penghapal Al Qur’an yang hadir dari berbagai negara di dunia. Yang absen Amerika Serikat, tahun lalu Amerika Serikat ikut, mungkin karena urusan politik yang lagi “panas dingin” dengan Rusia karena masalah Syria, AS tidak  mengirim utusannya.
Dan yang perlu diaungkan jempol adalah Syria, mengapa? Karena utusan Syria yaitu Yasin Samawi berhasil menggodol juara atau pemenang pertama pada MTQI ke XIV di Moskow ini, mantap! Bayangkan di tengah-tengah negaranya yang kecamuk dan nyaris perang saudara dan hampir tiap hari diberitakan di TV-TV secara internasional di BBC, CNN, Euronews, RT( TV Rusia berbahasa Inggris) dan lain sebagainya, namun para penghapal Al Qur’an di negara mereka terus berjalan, tentus saja yang dikirim oleh Syria sudah diseleksi secara nasional di negaranya, kalau tidak mana bisa menang dan menjadi juara pertama! Dan berturut pemenag yang lainnya adalah Khalifah dari Libya dan Usman dari Kuwait.
13792957772011757038
Ini dia pemenang pertama pada acara MTQ Internasional ke XIV di Moskow, Yasin Samawi dari Syria, walau negaranya sedang kacau, tapi semangat menghapal Al Quran tak reda, hebat. 
Lalu bagaimana dengan peserta dari Indonesia? Ada,  dan biasa, cukup menjadi penggembira saja, saya tak tulis namanya, yang penting sudah ikut dan menambah wawasan, ya maklum, mungkin karena memang tidak diseleksi pada MTQ nasional, saya kurang tahu, yang jelas hampir setiap tahun ikut, namun belum dapat-dapat juga dan pengirimnya pun beda-beda, jadi tidak terstruktur dengan baik, ya apa boleh buat, negara kita memang masih demikian adanya, jadi carut marutnya bukan hanya di masalah politik, tapi hampir ke semua sektor. Namun sebagai negara berkembang, ya cukup senang ada pesertanya, padahal kalau dari jumlah penduduknya yang mayoritas Islam dan terbanyak di dunia penduduknya yang beragama Islam, idialnya masalah peserta MTQ ini dapat diatas dengan baik.
Tapi sudahlah, kita kembali ke acara MTQ,  yang dibuka oleh Mufti besar Rusia, Imam Ravil Gaitnuddin, kurang lebih jam 15.00 WM, dimana gedung yang disewa ini baru di buka jam 14.00 WM, walau para pengunjung banyak yang sudah hadir sebelum jam tersebut dan di luar hujan, tetap saja gedung belum di buka! Ini Rusia Bung! Hujan,  ya tanggung sendiri dan pintu tetap belum dibuka sebelum waktunya, padahal petugasnya ada di dalam!
Begitu juga setelah acara selesai dan waktunya sudah habis, pengunjung “diusir” di suruh ke luar, walau di luar masih hujan, ini Rusia Bung! Tak ada pertimbangan, kasihan orang pada kehujanan,  yang tak bawa payung pakaian mereka basah! Waktu ke luar ya ke luar, waktunya masuk ya masuk, tak ada urusan dengan hujan! Dan pintu detektor tetap diberlakukan, pihak keamanan tak mau ambil resiko, walau jelas-jelas orang mau menonton para hafiz Qur’an, bukan hura-hura! Tapi sekali lagi, ini Rusia Bung.
1379296366184342276
Di arena MTQ Internasional ke XIV di koridornya selain ada kafe, penjualan souvenir, ada juga pameran jilbab. Jilbab di Rusia tak dilarang danJilbab bukan hantu yang perlu ditakutkan. Wanita muslimah Rusia sebagian besar berjilbab. 
Namun secara keseluruhan semua berjalan lancar dan tertib, apa lagi ketika Syek Abu Bakar sang hafiz Al Qur’an dari Saudi Arabia , tamu khusus yang diundang panitia untuk tampil di depan audian, ketika Syekh berjalan ke panggung, pengunjung takbir” Allahu Akbar!… Alahu Akbar!” Dan ketika sudah sampai di panggung, kemudian duduk,  lalu keluarlah lantunan ayat-ayat Al Quran dari suara Beliau yang merdu, pengunjung langsung sepi… hening…dan suara alunan surat Ar Rahman yang Beliau kuamandangkan, seakan menyihir semua pengunjung, semua terpaku diam! Dan ”fabiayyi alaa irobbikumaa tukajibaan, maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” Ayat ini berulang-ulang dikumandangkan oleh Beliau.
Oya ada tambahan yang menarik, ternyata ada hadiah kejutan dari pihak sponsor, dari berbagai negara, khususnya Saudi Arabia, Iran, Turky dan lain-lain. Apa itu? Hadiah Umroh bagi mereka yang nomor tiketnya diundi, lalu keluar! Yang mengambil undian tiga orang anak Rusia, yang secara bergantian mengambil kumpulan nomor kursi dalam tabung yang diputar sebelumnya, maka keluarlah tiga orang yang mendapat hadiah Umroh! Alhamdulillah, dengan demikian tambah lagi orang-orang akan berkunjung ke “rumahNya” yang berasal dari Rusia!

0 komentar:

Posting Komentar